Pengadilan Agama Sungai Raya Segera Punya Gedung Sendiri

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengapresiasi Pengadilan Agama Sungai Raya yang selama lima tahun ini terus berjuang dengan penuh semangat untuk bisa memberikan pelayanan di masyarakat. Kendati belum resmi memiliki bangunan kantor sendiri.

“Selamat atas perayaan ulang tahunnya sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Pengadilan Agama ini,” kata Yusran Anizam usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kantor dan Hari Ulang Tahun ke-5 Pengadilan Agama Sungai Raya, Senin (23/10).

Yusran mengatakan Pengadilan Agama Sungai Raya telah eksis sejak lima tahun lalu memfasilitasi semua penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan pengadilan agama. Terutama untuk 600 ribu lebih masyarakat Kubu Raya.

“Dimulai keliling-keliling beberapa tempat, kemudian berkantor di rumah dinas Camat Sungai Raya, dan pindah lagi ke ruko Citra Garden. Hingga akhirnya kita bersama-sama menyaksikan pembangunan gedung kantor pengadilan ini. Mudah-mudahan lebih bersemangat dan lebih maksimal lagi dalam pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Dengan terbangunnya gedung kantor nanti, Yusran juga berharap agar berbagai program dan kegiatan pelayanan dapat lebih optimal lagi ke depannya. 

“Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung dan mengapresiasi kerja sama ini. Terutama dalam memfasilitasi penyelesaian permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan Pengadilan Agama,” terangnya.

Yusran pun berharap keberadaan kantor sendiri kendala di Pengadilan Agama semakin berkurang. Sehingga permasalahan di masyarakat semakin minim.

“Kita membutuhkan pembinaan dan terus membuat program-program kegiatan kerja sama dengan cara kepung bakul bersama semua pemangku kepentingan dan mitra-mitra untuk pembinaan kepada masyarakat terkait dengan hal ini,” tuturnya.

Yusran menambahkan, tidak hanya penanganan perceraian, tetapi banyak sekali tanggung jawab Pengadilan Agama. Seperti terkait masalah sengketa ekonomi syariah yang dinilainya luar biasa.

“Ekonomi syariah di Kubu Raya ini luar biasa berkembang sangat signifikan. Sekali lagi bukan hanya menangani kasus perceraian, tapi banyak hal yang ditangani. Seperti masalah sengketa keluarga dan lain sebagainya,” tutup Yusran.

Sementara Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Ahmad Efendi mengatakan selama lima tahun pihaknya berharap memiliki kantor sendiri. Akhirnya keinginan tersebut dapat tercapai.

“Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan kesempatan diberikan amanah bisa membangun gedung Pengadilan Agama ini di lahan seluas sekitar 4.000 meter persegi. Ini merupakan bukti dan kami berharap memberikan kontribusi besar untuk warga Kubu Raya. Kalau sudah punya gedung sendiri dan hakimnya banyak, mudah-mudahan lebih cepat penanganan perkaranya,” ucapnya.

Ahmad menyampaikan saat ini ada 1.100 perkara yang masuk di Pengadilan Agama Sungai Raya. Sehingga dibutuhkan kerja keras untuk menyelesaikannya.

“Kalau kita hitung, per bulan kurang lebih 100 perkara yang masuk. Dengan pembangunan gedung ini, pelayanan bisa lebih cepat. Mudah-mudahan pembangunan gedung ini tanpa hambatan sedikit pun,” pungkasnya. (Syamsul)

JARINGAN SKPD