Pemkab Kubu Raya Berikan Penghargaan untuk Wajib Pajak

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan penghargaan kepada Wajib Pajak (WP) di Kabupaten Kubu Raya, Kamis (2/11), di Hotel Alimoer Kubu Raya. Pemberian penghargaan dilakukan dalam upaya menumbuhkembangkan kesadaran dan ketaatan bagi Wajib Pajak.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pajak adalah pendapatan daerah dan  harus digunakan dengan benar. Karena berdampak langsung terhadap hajat hidup orang banyak dan menyasar langsung kepada problem-problem yang menyangkut hak dasar masyarakat. 

“Berapa pun yang kita dapat, prinsipnya adalah di situlah letak kepercayaan. Jadi hubungan soal pajak adalah saling membutuhkan dan saling percaya. Karena sebetulnya pajak ini ibarat menitip dengan pemerintah daerah, kemudian pemerintah daerah menginvestasikan dalam bentuk hak dasar. Supaya rakyat tidak jatuh ke jurang kemiskinan, hidupnya layak, pengangguran berkurang sehingga kejahatan berkurang, kemudian dampak sosial berkurang. Sehingga akhirnya semua jadi tenang dan usaha serta investasi juga di sana-sini mengalami situasi yang kondusif,” terang Muda Mahendrawan.

Dalam hal pendapatan daerah melalui pajak, Muda mengatakan pemerintah daerah sangat mengutamakan terbangunnya kepercayaan antara Wajib Pajak dengan pemerintah daerah. 

“Saya yakin trust itu terbangun karena Wajib Pajak tahu bahwa kita ini transparan dan mengambil kebijakan yang benar-benar mendarat kepada kepentingan hajat hidup masyarakat banyak di sektor-sektor hak dasar,” ujarnya. 

Muda menegaskan bahwa pajak digunakan untuk program-program yang langsung menyentuh kebutuhan hidup masyarakat. Baik di bidang kesehatan, pendidikan, maupun perekonomian.  

“Makanya melihat pajak ini bukan dalam perspektif memaksa tetapi kita jadikan sebagai bagian yang digunakan dengan tepat. Sehingga terjadi pengurangan pengangguran, kesenjangan berkurang, dan membuat usaha serta investasi yang lebih baik,” jelasnya.

Muda menambahkan, dengan kesadaran membayar pajak, pertumbuhan ekonomi akan berkualitas dan meningkat. Hal itu terbukti di mana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kubu Raya saat ini berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat. Jadi, sambung Muda, dengan adanya pemahaman, maka Wajib Pajak akan patuh karena adanya kepercayaan kepada pemerintah. 

“Kalau sudah percaya dengan pemerintah, terutama dalam penggunaannya, tentu mereka akan bayar pajak tepat waktu. Tapi kalau kita tidak bisa gunakan bahkan kinerja kita lemah, berarti kita tidak amanah dan justru malah kemiskinan yang terjadi,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kubu Raya Lugito Suharno mengatakan  pemberian penghargaan kepada wajib pajak di Kabupaten Kubu Raya dilakukan dalam rangka memberi apresiasi sekaligus motivasi kepada seluruh Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak.

“Kriteria dalam pemberian apresiasi ini terkait dengan pelaporan awal dari Wajib Pajak untuk menyampaikan kepada Bapenda, ketepatan Wajib Pajak menyampaikan laporan secara benar dan sesuai transaksi di tempat masing-masing,” tuturnya.

"Untuk kecamatan dan desa tergantung kepada jumlah persentase dan realisasi yang tinggi, itu yang akan diberikan penghargaan," tambahnya. (Syamsul)

JARINGAN SKPD