Bupati Muda: Bunda Literasi Berikan Kecerdasan Informasi di Masyarakat

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengukuhkan sembilan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya sebagai Bunda Literasi Kecamatan, Selasa (31/10), di Graha Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya. Pengukuhan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kubu Raya itu dirangkaikan dengan kegiatan riung keluarga yang dihadiri oleh sekitar 900 Pengurus Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Bupati Muda Mahendrawan menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten terus mendukung pergerakan perempuan yang dinilai cukup signifikan karena sangat berpengaruh terhadap kualitas kondisi setiap rumah tangga di Kubu Raya.

"Untuk itu, literasi ini sangat penting. Jangan sampai ada yang tersesat informasi dan pemahaman. Sehingga bisa memberikan kecerdasan kepada generasi bunda literasi yang ingin selalu ada perubahan," kata Bupati Muda.

Bupati Muda menerangkan, program yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendarat langsung pada gerakan pemberdayaan keluarga. Terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan.

"Apapun yang dilakukan, tingkat kelayakan keluarga harus lebih ditingkatkan. Peningkatan kelayakan itu bisa dibuktikan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang saat ini di Kubu Raya sudah jauh lebih baik, bahkan urutan tertinggi di antara semua kabupaten se-Kalimantan Barat," ujar Bupati Muda.

Bunda Literasi Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda meminta Ketua PKK Kecamatan yang dilantik menjadi Bunda Literasi untuk fokus melaksanakan kegiatan melalui 10 Program Pokok PKK.

"Ketua PKK yang dilantik harus fokus dengan sepuluh program pokok PKK yang menjadi prioritas di daerah masing-masing. Karena permasalahan di setiap desa itu berbeda-beda. Jadi apa yang menjadi fokus dan paling banyak itu yang harus ditindaklanjuti dan diutamakan," ujarnya.

Rosalina menjelaskan selain melakukan pengukuhan, pihaknya bersama PKK se-Kubu Raya juga melaksanakan riung keluarga. 

"Family gathering ini dilaksanakan untuk meningkatkan silaturahmi antarkader PKK, baik PKK desa, PKK kecamatan, maupun PKK Kabupaten Kubu Raya. Hari ini juga digelar berbagai lomba dan pemberian hadiah lomba yang sudah dilaksanakan bulan lalu," jelasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kubu Raya Rudy Fitryanto mengatakan pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya mempunyai beberapa tujuan. Di antaranya untuk memberikan pemahaman tentang literasi kepada masyarakat melalui peningkatan budaya belajar dan kegemaran membaca.

"Maka dari itu harus ada orang yang menggerakkannya. Nah, yang menggerakkannya itu adalah Bunda Literasi yang dilantik ini, di mana nantinya dapat menjalankan dengan seksama untuk peningkatan literasi di Kubu Raya, " pungkasnya. (Syamsul)

JARINGAN SKPD