Peringatan HAN, Momentum Tingkatkan Kepedulian Hak Dasar Anak

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati Sujiwo menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional 2022 dengan tema Anak Bersuara Kubu Raya Mendunia, Selasa (26/7), di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya.

Peringatan Hari Anak Nasional dimeriahkan oleh penampilan anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Daeran (FAD) Kabupaten Kubu Raya seperti pementasan drama, tari dan puisi serta berbagai games.

Koordinator Panitia Forum Anak Daerah Kabupaten Kubu Raya, Ari Chandra Prawira mengatakan, Hari Anak Nasional ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat kepada anak-anak khususnya di Kabupaten Kubu Raya. Baik itu melalui pendidikan maupun dari pola asuh orang tua dan lingkungan sekitarnya.

“Dengan begitu satu per satu hak-hak mereka akan terpenuhi. Hak-hak inilah yang akan menunjang keberhasilan mereka di masa depan,” kata Ari disela peringatan Hari Anak Nasional.

Sementara Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam memenuhi kebutuhan hak dasar anak, baik instansi pemerintah maupun swasta dan BUMN.

"Yang paling penting, kita terus mengedukasi masyarakat untuk menekan angka kekerasan terhadap anak di Kubu Raya supaya setiap tahunnya menurun. Upaya kepong bakul (gotong royong) dari semua sektor tentu harus terus kita lakukan, agar kita bisa memberikan hak yang baik bagi anak-anak generasi penerus di Kubu Raya," kata Muda.

Muda menambahkan, dengan cara kepung bakul, akan memberi ruang, inisiatif-inisiatif dan magnet pusat baca atau pusat literasi yang menjadikan aktivitas yang tidak pernah berhenti.

“Dari aktifitas yang sifatnya bermain, aktivitas yang sifatnya berkolaborasi dengan elemen desa dan sebagainya. Ini sebenarnya, perlu dilakukan. Jadi jangan beri ruang kosong terhadap anak-anak, supaya mereka tetap tergerak untuk berkarya," pintanya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Kubu Raya Dyah Tut Wuri Handayani mengatakan,  Kabupaten Kubu Raya membuktikan komitmennya untuk mewujudkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA),  dimana predikat tersebut berhasil diperoleh pada tahun ini.

"Tahun 2022 ini Kubu Raya bisa memperoleh predikat Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak. Prestasi ini bisa diraih dengan beberapa terobosan yang dilakukan Pemkab Kubu Raya seperti program webgis dan geospasial serta kemitraan dengan berbagai pihak," kata Dyah.

Dia menjelaskan, semua pihak sudah bergerak dan mengepung berbagai kebijakan yang mengedepankan hak dasar anak di Kubu Raya. 

"Bahkan dengan kebijakan Pak Bupati, Kubu Raya juga memiliki Forum Anak yang selalu dilibatkan dalam musrenbang kabupaten, sehingga hak-hak dasar atas anak menjadi perhatian serius pemda," tuturnya.

Selaras dengan hal itu, Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah mengharapkan anak-anak Kubu Raya mampu menjaga peradaban yang ada di sekitarnya, karena kearifan lokal dari peradaban yang sudah di bangun selama ini menjadi modal bagi anak-anak. Agus berharap anak-anak Kubu Raya mempunyai optimisme, progresif, menanjak dan mendunia. Dia menegaskan pemerintah akan terus berupaya membangkitkan keyakinan agar anak-anak Kubu Raya mampu memberikan prestasi terbaik bagi kabupaten ini. (Syam)

JARINGAN SKPD