Muda: Konsep Corporate University Mampu Transformasikan Sistem Pembelajaran

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Dalam rangka mewujudkan SDM Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang unggul dan berdaya saing, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meluncurkan Kubu Raya Corporate University  dan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi ASN Kabupaten Kubu Raya, Senin (24/5), di ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya.

“Kubu Raya Corporate University merupakan strategi transformasi proses pengembangan SDM aparatur,” ungkap Muda usai launching Kubu Raya Corporate University dan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi ASN Kabupaten Kubu Raya.

Muda menambahkan, dalam situasi dan kondisi saat ini, dimana bencana wabah Covid-19 masih berlangsung tanpa diketahui pasti kapan berakhirnya ini, sehingga pemerintah daerah dituntut untuk bergerak lebih cepat mengatasinya, dituntut lebih mampu menggerakkan potensi yang serba terbatas.

Dia mengatakan, corporate university salah satu strategi organisasi untuk mengintegrasikan antara sumber daya yang dimiliki, proses bisnis dan stakeholder.

“Ini proses pembelajaran untuk mencapai kinerja terbaik melalui peningkatan knowledge, skill dan attitude dari orang - orang yang berada di dalam ekosistem organisasi serta melakukan pengelolaan pengetahuan,” kata Muda.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Muda menambahkan, perlu diterapkannya pengembangan konsep corporate university yang disesuaikan dengan core business Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. 

“Melalui konsep corporate university ini, mampu mentransformasikan sistem pembelajaran dan budaya kerja yang lebih komprehensif, terarah dan modern,” harapannya. 

Dia menambahkan, dalam rangka meningkatkan kinerja ASN di Kabupaten Kubu Raya, perlu adanya upaya dengan melakukan langkah - langkah inovatif secara efektif, efisien dan berkelanjutan, guna membantu percepatan pencapaian visi misi organisasi. 

“Saya minta seluruh pimpinan OPD untuk bisa berkontribusi dengan sinergitas dan kolaborasi yang harmonis dalam melaksanakan pengembangan sumber daya manusia ASN di Kabupaten Kubu Raya, terutama untuk mewujudkan ASN Smart yang siap menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks,” ucapnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, mewujudkan masyarakat Kabupaten Kubu Raya mandiri yang sejahtera dan mandiri, pihaknya fokus di pemulihan ekonomi, terutama dalam satu tahun ini.

“Kita melihat potensi dan kompetensi dari sumber daya aparatur yang ada ini masih perlu upaya-upaya peningkatan. 

Yusran menambahkan, melihat potensi Kubu Raya yang luar biasa kebijakannya dibuat visi misi  bupati atau wakil bupati, sudah terbiasa dengan berbagai inovasi yang sudah diakui baik secara lokal, nasional bahkan Global. 

“Namun masih ada sebagian sumber daya aparatur yang perlu ditingkatkan kompetensinya. Kami melihat sumber daya aparatur ini perlu untuk menjadi perhatian serius, karena ibarat kata yang baik menavigasi dari berbagai macam program inovasi di Kubu Raya,” harapannya. 

Sementara Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah berharap, dengan adanya kegiatan ini, bisa dilaksanakan dan diikuti dengan hikmat dan menjalankan aturan.

“ Profesi tetap ditaati dan dipatuhi. Saya harap dengan narasumber mungkin bisa juga ikut memberikan materi-materi terkait dengan sebagaimana kami di lembaga DPRD selama ini sebagai mitra dari pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga melakukan pengawasan dan koreksi- koreksi terhadap penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Kubu Raya," ucapnya.

Dia menambahkan, perlu menjadi perhatian penyelenggara pemerintahan yang baik yang efisien yang energi bagus, sehingga bisa menghasilkan output yang terbaik bagi daerah ini diantaranya mungkin hal-hal yang sangat prinsip.

“Karen DPRD masih melihat ada kelemahan koordinasi baik itu di antar bagian, bidang maupun SKPD. Koordinasi itu yang kami harapkan dan perlu ditingkatkan,” harapanya. (Syamsul)

JARINGAN SKPD